Jumat, 20 April 2012

RUMUS EXCEL PENJUMLAHAN, PERKALIAN DAN FUNGSI IF

Pembahasan kali ini saya akan membahas tentang perkalian, penjumlahan dan fungsi IF.
Fungsi IF adalah salah satu dari rumus MS. Excel dari sekian banyak rumus, MS. Excel mempunya tujuan mengenali, hanya mempunyai paling tidak 2 kondisi. True dan false, true adalah jika kondisi yang di maksud oleh data terpenuhi, sedangkan false kondisi yang dimaksud oleh data tidak terpenuhi.

Dalam pembahasan soal ini saya akan menyelesaikan soal pendataan nilai, dengan menggunakan perkalian, penjumlahan dan fungsi IF.


Kemudian untuk menyelesaikan lembar kerja yang di atas dapat buat soal pengerjaannya sebagai berikut :

Total nilai > 50 maka nilai E
                    >60 maka D
                    >70 maka C
                    >80 maka B
                    >90 maka A

Keterangan
                    E = KURANG
                    D = CUKUP
                    C = BAIK
                    B = BAGUS
                    A = MEMUASKAN

Saya akan menyelesaikan hasil nilai dari penjumlahan dari mid,final, dan paper, cara menyelesaikannya, saya akan mengkalikan dengan persen yang sesuai dengan soal.

Contoh :

Dapat kalian lihat gambar di atas, saya sudah mengkalikan 30% dari nilai 70 dan contoh yang sudah saya selesaikan dari pengkalian dapat kalian lihat dari gambar di bawah.

 
1.       Untuk menyelesaikan jumlah persen  dari mid pada sel G3 dapat di tulis rumus : =D3*G2 dan jika ingin mengkopi ke bawah tinggal di kunci pake F4 , contoh rumus yang sudah di kunci : =D3*$G$2
2.       Untuk menyelesaikan jumlah persen dari final dapat di tulis rumus : E3*H2 dan
3.       Untuk menyelesaikan jumlah persen dari final dapat di tulis rumus : F3*I2 kemudian tinggal kunci dan copy.

Selanjutnya saya akan meyelesaikan total nilai, saya akan menjumlah kan nilai dari semua persen :

Untuk contoh rumus penjumlahan dari total nilai dapat di tulis : =G3+H3+I3



Kemudian saya akan meyelesaikan nilai huruf dan keterangan dengan menggunakan fungsi IF.
 
-          Jika yang di tanyakan nilai huruf maka dapat di tulis rumus : =IF(D3<50,"E",IF(D3<60,"D",IF(D3<70,"C",IF(D3<80,"B","A"))))

-          Dan jika yang di tanyakan keterangan maka dapat di tulis rumus : =IF(K3="E","KURANG",IF(K3="D","CUKUP",IF(K3="C","BAIK",IF(K3="B","BAGUS","MEMUASKAN"))))


SEKIAN PENJELASAN DARI SAYA DAN TERIMA KASIH.

 
 

5 komentar: